Wednesday 25 February 2015

kesehatan



Kerja adalah suatu pekerjaan yang tidak mungkin terlelepas dari masyarakat kita. Bagi seorang
pekerja pegal-pegal, capek, lemas adalah momok bagi mereka,karena membuat kerja menjadi tidak fokus dan malas.
Rasa nyeri di badan, pegel, lemah,tulang dan badan loyo bisa menyerang siapa saja. Usia tua, asam urat, encok, darah tinggi, kolesterol pun sering dituding sebagai penyebabnya.
http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/03/02/4930222_20130302115055.jpg
Padahal seringkali penyebab pegal dan nyeri ada pada diri kita sendiri. Lalu apa yang membuat badan pegal dan nyeri ?
Quote:1.Kurang bergerak dan berolahraga:
Aktivitas serta olahraga melatih otot kita sehingga menjadi kuat. Jika kita kurang beraktivitas/berolahraga maka otomatis otot menjadi lemah. Akibatnya kita relatif mudah terserang pegal-pegal.
2.Sikap tubuh sehari-hari yang salah:
Contohnya duduk membungkuk, membawa beban berat dengan sebelah bahu saja, melakukan gerakan berulang-ulang sepanjang hari(seperti mengetik komputer sepanjang hari).
3.Aktivitas yang terlalu berat:
Otot perlu dipersiapkan sebelum berolahraga atau beraktivitas dengan melakukan gerakan pemanasan. Jika tidak, otot mendapat beban yang berlebihan sehingga bisa muncul nyeri pegal. Demikian juga halnya jika kita melakukan aktivitas yang terlalu berat atau tidak biasa dilakukan. Ujung-ujungnya, kita lebih mudah mengalami cedera seperti salah urat / terkilir.

Apa saja bahaya di balik badan pegal dan nyeri otot?
Nyeri dan pegal-pegal sering kali merupakan pertanda bahwa kita berolahraga/beraktivitas terlalu berat atau salah cara nya. Jika dilanjutkan, kemungkinan cedera pun lebih besar. Keseleo, memar atau terkilir sebaiknya tidak dibiarkan karena bisa saja ada cedera tulang dan saraf dibawahnya. Cidera sewaktu berolahraga/beraktivitas yang dibiarkan dapat berlanjut rematik dikemudian hari penyakit atau dikenal sebagai Repetitve Motion Injuries (RMI).
Cara mencegah badan pegal dan nyeri:
Hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat cukup dan makan makanan bergizi.
Melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga
Memulai porsi latihan yang ringan, kemudian ditingkatkan bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan memaksakan diri, jika Anda sudah merasa lelah, berisitirahatlah sejenak.
Memperbaiki sikap tubuh yang salah, misalnya duduk/berdiri tegak, tidak membungkuk atau miring ke satu sisi. Bagi Anda yang menggunakan komputer atur posisi komputer sedemikian sehingga tidak membuat badan pegal. ketika mengetik di keyboard, usahakan agar pergelangan tangan dalam posisi lurus.
Posisi mengemudi yang nyaman. Letakkan gulungan handuk diantara punggung dan sandaran kursi, dan atur kursi agar lutut lebih tinggi dari panggul, Istirahatkan kaki sesering mungkin dari menginjak pedal gas/kopling
Gerakkan tubuh Anda. Bahkan di tengah kesibukan pun Anda dapat melakukan olahraga ringan misalnya meregangkan tubuh. Memutar bahu, membungkukkan badan, menggerakkan leher ke kanan dan ke kiri beberapa kali. Melemaskan dan mereganggkan jari-jari tangan, jalan kaki ke kantin, bank dan sebagainya sewaktu istirahat siang.

Bagaimana Mengatasi rasa pegal dan nyeri dengan tepat?
Istirahatkan bagian tubuh yang sakit. Kompres dengan kantong/botol berisi air hangat selama kurang lebih 15 menit satu atau dua kali sehari.
Cedera sewaktu berolahraga/beraktivitas(salah urat, terkilir) dapat diatasi dengan kompres dingin dengan kantong berisi es (jangan lebih dari 20 menit) beberapa kali sehari. Pada bagian yang cedera sebaiknya diperban dan di istirahatkan dalam posisi lebih tinggi dari jantung.
Gunakan obat-obatan pereda pegal dan nyeri untuk meredakan gejala nyeri dan pegal.

Saat Pegal-pegal terjadi sebenarnya dapat dihilangkan dengan bahan-bahan herbal yang murah dan mudah didapatkan. Seperti Jahe, daun sirsak, dan kacang hijau.
Quote:Berikut Cara membuatnya:
- Rebus 500gr kacang hijau dalam 2 gelas besar air
- Setelah mendidih masukkan 5 lembar daun sirsak
- Masukkan 2 siung jahe ukuran sedang yang sudah di iris tipis
- Masak hingga air menjadi 1 gelas
- Saring dan tuang kedalam gelas

Minumlah saat badan terasa pegal-pegal. Baik diminum saat tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin. Mudah-mudahan akan membantu meningkatkan stamina dan mengilangkan pegal-pegal.

Perlu diketahui, daun sirsak juga mampu membantu mencegah terjadinya kanker.

Pendidikan Karakter Anak

Punya anak merupakan kebahagiaan dan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Apalagi, jika anak Anda sudah sekolah. Tantangan bertambah satu, yakni membangunkan mereka di pagi hari untuk berangkat ke sekolah. Apalagi setelah liburan panjang seperti sekarang ini.
Kalau setiap hari Anda harus marah-marah kepada mereka, tentunya akan menguras emosi.
“Bila setiap pagi harus dimulai dengan emosi tinggi, bisa jadi Anda akan kehilangan energi untuk menjalani sisa hari,” kata Helene Emsellem, penulis buku Snooze… or Lose! 10 “No-War” Ways to Improve Your Teen’s Sleep Habits.
Anak-anak, terutama remaja, butuh tidur sekitar 9 jam sehari dan secara biologis baru akan tertidur pada sekitar pukul 23.00. Namun, Anda sendiri tahu bahwa jam sekolah dimulai jauh sebelum waktu istirahat mereka selesai. Itu sebabnya, sulit untuk meminta mereka segera membuka mata, kemudian mandi dan bersiap ke sekolah.
“Sulit bangun pagi pada anak remaja itu bukanlah masalah kebiasaan, melainkan masalah biologis,”.
Lantas, apa “obat” supaya Anda tidak perlu berteriak-teriak setiap pagi? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar hal ini terlaksana:
1. Lakukan Hypnosleep.
Pada saat anak anda terlelap maka bisikan kata-kata sugestif misal :“Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk bangun jam 6 pagi dan berseiap berangkat ke sekolah dengan gembira”
2. Waspadai akhir minggu.
Kebanyakan anak dan remaja ingin menunda waktu tidurnya di akhir minggu, karena merasa esok harinya mereka bisa bangun lebih siang.
mereka cenderung ingin bangun agak siang tidak masalah, beri kelonggaran waktu bangun hanya sekitar 1-2 jam lebih siang daripada hari sekolah. Yang pasti, jangan biarkan mereka bangun setelah pukul 10.00. Hal ini dapat mencegah gangguan pada pola tidur mereka.
3. Jauhkan komputer dan TV dari kamar mereka.
Selain itu, jangan biarkan mereka berinteraksi dengan dua alat elektronik ini beberapa saat sebelum tidur, sebab ini justru dapat membuat mereka jadi sulit tidur. Sementara itu, pastikan kamar tidur anak memiliki jendela yang menghadap keluar, sehingga sinar matahari di luar dapat membantu mereka bangun setiap pagi (jika memungkinkan saja)

Semoga Informasi ini bermanfaat.


Tips Menjaga Ginjal.


 Kesehatan menjadi harta yang tak ternilai harganya bagi kita. ini dapat kita rasakan diwaktu kondisi sakit. Sebab jika kita sakit akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itulah, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita utamanya organ ginjal.

     Sahabat, tips kesehatan. Ginjal merupakan organ yang sangat vital pada tubuh kita. ini dikarenakan fungis ginjal sebagai organ yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Begitu besarnya peran ginjal bagi tubuh kita. Tips kesehatan kali ini akan membahas Cara Pintar Menjaga Kesehatan Ginjal :

  1. Makan Teratur Dan Bergizi. Mengatur pola makan merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.
  2. Jagalah Pencernaan. Menjaga pencernaan merupakan langkah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Ini dapat dilakukan dengan menambah konsumsi makanan probiotik dan prebiotik serta makanan yang memiliki atau kaya serat yang cukup tinggi.
  3. Berhenti Merokok. Stop kebiasaan merokok merupakan langkah berikutnya yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. ini dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal yang akan anda alami. 
  4. Jauhi Alkohol. Stop dari minuman beralkohol sekarang juga. Ini di karenakan dengan mengkonsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal anda. karena mengakibatkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh anda yang pada akhirnya berujung pada gangguan ginjal anda.
  5. Air Putih Cukup. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. dalam hal ini 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.
  6. Hobi Berolahraga. Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.
  7. Stop Antibiotik. Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.



Penyebab Anak Susah Makan


Memang, masalah anak susah makan ini harus segera diatasi, tetapi tidak dengan memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan. Cari dulu penyebab anak jadi susah makan. Nah sebenarnya apa sih yang membuat anak susah makan?



Dilihat dari segi psikologis anak susah makan, penyebabnya adalah (Tabloid Nakita):
1.     Cemas
Rasa cemas ini paling sering dialami anak batita. Contoh, cemas berpisah dari orangtua karena berpikir akan terjadi sesuatu yang buruk menimpa orangtuanya; cemas berada di lingkungan baru, semisal ketika mulai bersekolah, dan sebagainya. Kecemasan yang timbul sering kali disertai gejala-gejala fisiologis maupun perilaku seperti gelisah, berkeringat dingin, berdebar-debar, sulit konsentrasi, susah tidur, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini berpengaruh pada pola makan anak, termasuk membuat anak jadi susah makan.
2.     Depresi
Anak yang depresi bisa mengalami dua masalah makan, yaitu makan berlebihan/tidak terkendali sehingga membuatnya obesitas atau ia menjadi sulit makan. Depresi banyak dialami anak usia sekolah. Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang karena menjadi korban bully seperti diejek, digoda, mendapatkan kekerasan, dan sebagainya.
3.     Pola relasi yang tak bagus dengan orangtua.
Ketika anak makan dan rewel, lalu direspons orangtua dengan tidak sabar dan memaksa anak, maka peristiwa makan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Akibatnya, anak pun jadi susah makan. Dalam hal pola asuh, orangtua tidak mengajari anak untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi alias hanya menyediakan makanan yang itu-itu saja. Ini membuat anak tidak belajar mengenal rasa dan jenis makanan yang beragam. Akibatnya, anak menjadi pilah-pilih makanan dan makan yang itu-itu saja. Ujung-ujungnya, anak pun akan susah makan.
Selain itu faktor psikologis yang dapat mengganggu anak susah makan, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Cara mengatasi anak susah makan ini harus dilihat secara detai apa faktor penyebabnya, apabila secara medis tak ada masalah, biasanya anak yang sulit makan akan dirujuk kepada psikiater/psikolog. Psikiater/psikolog akan mencari latar belakang masalah dari segi kejiwaan si anak. Para ahli juga akan memberikan saran untuk mengatasi masalah psikis tersebut, sehingga bila sudah berhasil diatasi, diharapkan perilaku makan anak akan membaik.
  • Di rumah, orangtua sebenarnya bisa mengenali masalah psikis pada anak lewat terapi bermain. Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Misal, dalam bermain anak selalu memilih peran utama binatang buas yang menerkam binatang lemah. Bila pola ini selalu berulang, ini merupakan pertanda penting, anak merasa dirinya selalu jadi objek/korban dari pola asuh /perilaku, apakah orangtua atau teman. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya.
  • Terapi bermain juga dapat digunakan untuk memperbaiki relasi antara orangtua dan anak. Karena dalam bermain, orangtua dapat belajar bagaimana merespons anaknya. Namun, perlu dipahami, terapi bermain yang dilakukan ini tidak serta merta berdampak langsung pada pola makan anak. Artinya, setelah relasi/pola asuh diubah tidak serta merta perilaku sulit makan anak teratasi. Perlu proses dan waktu yang cukup hingga akhirnya terjadi perubahan perilaku makan pada anak. Selain terapi bermain, orangtua juga bisa melakukan terapi kognitif, utamanya pada anak yang lebih besar. Anak dibantu mengatasi kondisi cemas atau depresinya dengan mengubah cara berpikirnya. Lakukan dengan pendekatan komunikatif, anak diajak mengungkapkan perasaannya, sehingga ia merasa nyaman dan tenang. Lakukan komunikasi pada anak sesuai tahapan usianya.
  • Lakukan introspeksi diri atas sikap dan pola asuh terhadap anak, mungkinkah selama ini kerap bersikap otoriter atau overprotektif, sehingga membuat anak merasa cemas, marah, dan tak nyaman. Orangtua diharapkan bisa mengubah cara berpikirnya.
  • Mengajarkan perilaku makan yang baik. Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat.
  • Jadikan saat makan menyenangkan. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.
Nah itulah fenomena anak susah makan, semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mengatasi anak anda yang susah makan.
Klik Di Sini

No comments: